test broo

Friday, December 05, 2014

Mengapa Sulit Mencari Ide Penelitian ???

 
     Seringkali ketika akan memulai menyusun skripsi, mahasiswa dihadapkan pada persoalan klasik: kesulitan mencari ide penelitian! Hal ini sangat wajar, apalagi skripsi adalah pengalaman pertama bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian ilmiah yang lebih terstruktur (tentu saja kecuali mereka yang ketika SMU sudah rajin ikut lomba karya ilmiah remaja).

    Kesulitan dalam mencari ide penelitian ini, bisa jadi karena salah satu dari tiga hal berikut :

1. Kebingungan karena banyaknya topik yang bisa diteliti

     Ada sangat banyak topik yang dapat diteliti oleh mahasiswa untuk keperluan menyusun skripsi. Saking banyaknya, mahasiswa seringkali justru tidak bisa menentukan pilihan. Dibidang ilmu akuntansi misalnya, terdapat rumpun bidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akunyansi biaya, akuntansi sektor publik, perpajakan, sistem informasi, dan lain lain. Belum lagi jika berbicara tentang subtopik tertentu, misalnya tentang ISO, tanggung jawab sosial perusahaan (csr), modal intelektual (intellectual capital), sustainability reporting, akuntansi karbon, dan sebagainya. Mahasiswa yang memiliki pengetahuan luas dan mendalam tentang bidang ilmu yang ditekuninya, tentu tidak akan mengalami kesulitan dalam jenis ini.



2. Penguasaan bidang ilmu yang masih terbatas

     Hal kedua yang sering membuat mahasiswa menemui kesulitan dalam mencari ide penelitian adalah karena terbatasnya penguasaan atas bidang ilmu yang akan diteliti.Mahasiswa jurusan akuntansi misalnya, jika tahunya hanya soal jurnal, soal debit kredit, atau maksimal sampai jenis laporan keuangan, tentu saja akan mengalami kesulitan. Terkait dengan hal ini, solusinya adalah dengan meningkatkan kapasitas diri terkait dengan penguasaan bidang ilmu yang akan diteliti. Semakin mendalam penguasaan materi, akan semakin memudahkan mahasiswa dalam mencari ide penelitian.

3. Penguasaan metode penelitian yang masih kurang
   
     Hal lain yang tidak kalah sering terjadi adalah terkait dengan penguasaan metode penelitian. Tidak bisa dipungkiri bahwa penelitian merupakan aktivitas yang harus tertata sedemikian rupa, untuk dapat dipertanggungjawabkan secara akademik. Salah satu kaidah akademiknya menyatakan bahwa penelitian untuk skripsi harus dilakukan secara sistematis, metodologis, dan tidak asal-asalan. Pemahaman yang mapan tentang metodologi penelitian akan sangat membantu mahasiswa dalam meenemukan ide penelitian. Solusinya? Tambah alokasi waktu untuk membaca buku. Baca materi tentang metodologi penelitian sebanyak-banyaknya dan sedetail-detailnya.

No comments:

Post a Comment