test broo

Tuesday, December 23, 2014

Tips Sukses Skripsi

1. Jangan pernah takut dengan skripsi. Kalau ada anggapan/cerita dari senior bahwa skripsi itu susah, menakutkan, dan sejenisnya...abaikan!!!

2. Jangan percaya cerita senior tentang Dosen pembimbing yang jelek-jelek atat mengerikan, karena pada dasarnya tidak ada dosen yang mengerikan itu!!. Jadi kalau ada yang bilang: "kamu dapat pembimbing Bu A, atau Pak S ?? waah... siap-siap saja lama skripsimu...bisa 2 tahun!!".? Jangan percaya itu!! itu cuma gosip!!

3. Fokuslah pada skripsi. Abaikan yang lain dulu, mulai dair usaha PDKT (baca:pendekatan), pacaran, kerja sampingan di luar kuliah, bahkan FB-an/twitter-an bila perlu (kalau dirasa hal itu dapat mengganggu fokus skripsi). Fokua hanya pada skripsi!.

4. Pilihlah tema yang memungkinkan Anda untuk bisa memperoleh data secara independen. Artinya, Anda tidak tergantung pada orang lain terkait dengan data penelitian itu. Misalnya, cari tema-tema yang datanya sudah ready di internet (data sekunder)...hindari menggunakan kuisioner yang respondennya tersebar luas dan tidak dapat "dikendalikan", karena itu akan menghambat skripsi Anda.

5. Jika studi kasus, pastikan Anda memiliki akses ke objek penelitian. Karena jika tidak,maka waktu Anda akan habis hanya untuk menunggu jawaban izin penelitian.

6. Ketika menyusun bab "metode penelitian" (khususnya di teknik analisis data), tulislah secara rinci, detail dan sistematis, tahapan analisis data yang akan Anda lakukan, dimulai dari setelah memperoleh data. Hala ini penting untuk memandu Anda dalam mengerjakan bab selanjutnya. Jika tidak, maka Anda akan mengalami kebingungan setelah memperoleh data. Bingung mau diapakan data-data yang diperoleh?

7. Usahakan tetap fokus dan kontinyu, setelah memperoleh data, jangan istirahat dulu (misalnya pulang kampung dulu.). Karena begitu Anda berhenti, mood dan atmosfernya akan hilang. atau setidaknya berkurang. Jadi, begitu dapat data, langsung analisis, dan langsnung dibahas.

8. Gunakan bantuan bahasa yang memadai, misalnya buku EYD (Ejaan yang disempurnakan) dan Glosarium untuk memastikan bahwa kalimat Anda tepat. DAlam hal ini jangan terlalu percaya dengan dosen pembimbing, karena merekabelum tentu juga memahami konteks kebahasaan. jadi, bertanyalah kepada buku EYD dan Glosarium yang jelas-jelas sudah benar dan legal!!

Bagaimana? sudah siap skripsi? 2 bulan itu cukup untuk menyelesaikan skripsi!! tidak percaya?? silahkan dicoba...

SELAMAT BER-SKRIPSI...

No comments:

Post a Comment